fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

June 16, 2021

Program Haji Muda, 5 Langkah Menjadi Haji Sejak Muda

Program Haji Muda –  Sampai saat ini masih banyak yang berpendapat bahwa Ibadah Haji hanya untuk mereka yang sudah tua, punya uang bisa langsung berangkat, dan Ibadah haji itu Cuma butuh kesiapan materi. Pendapat seperti ini harus dirubah, karena kewajiban berhaji itu berlaku untuk semua orang baik yang sudah tua maupun yang masih muda, yang penting sudah mempunyai kemampuan. Maka menjadi Haji Muda adalah hal yang perlu kita pertimbangkan.

Bahkan jika berangkat haji di usia muda punya banyak kelebihan, sehingga program haji di usia muda bisa anda lakukan saat ini juga. Seperti yang kita ketahui  usia muda adalah waktu yang paling ideal untuk menjalankan ibadah haji, dengan alasan lebih banyak manfaat haji muda yang bisa diperoleh, karena keunggulan kondisi fisik yang masih sangat mendukung.

Tidak seperti ibadah yang lain, ibadah haji sangat membutuhkan kondisi kesehatan fisik yang prima. Karena sebagian rangkaian ibadah haji melibatkan kegiatan fisik, dan diharapkan jemaah haji mampu membantu orang orang yang membutuhkan pertolongan selama berada di tanah suci.

Lalu bagaimana dengan biaya haji yang terbilang mahal?

Program Haji Muda,  Yuk Memulai!!!

Tidak dipungkiri bahwa biaya haji setiap tahun semakin naik, dan daftar antrian yang semakin panjang, kedua hal tersebut menjadi kendala umum bagi kita saat ingin melaksanakan haji di usia muda, tapi perlu diketahui dengan niat yang kuat dan harapan yang kita tuangkan dalam doa untuk segera diberangkatkan ke tanah suci, bisa menjadi kunci agar kita dimampukan atau diberikan jalan segera menunaikan haji, tapi terkadang kita tidak menyadari hal tersebut, perlu dicatat bahwa kita tidak boleh menunda apabila sudah dimampukan untuk berangkat haji, berikut tuntutan kewajiban berhaji bagi yang telah mampu berhaji:

Baca Juga:  Travel Haji Terbaik di Indonesia

“Tolok ukur mampu dalam berhaji telah ditafsirkan dalam hadits, yaitu memiliki bekal dan kendaraan. Namun, tolok ukur dalam hal ini lebih umum dari hal tersebut. Barangsiapa yang mampu berangkat menuju Mekkah dengan berbagai sarana yang ada, maka dia wajib berhaji dan berumrah. Apabila dia mampu berjalan dan mengangkut barangnya, atau menjumpai orang lain yang dapat mengangkutnya, maka dia wajib berhaji dan berumrah. Demikian pula, jika dia mampu membayar biaya transportasi untuk menggunakan alat transportasi modern seperti kapal laut, mobil, dan pesawat, maka haji dan umrah wajib baginya.

Apabila dia memiliki bekal dan kendaraan untuk berhaji, namun tidak mampu menemukan orang yang bisa menjaga barang dan keluarganya, atau dia tidak memiliki uang untuk dinafkahkan kepada keluarganya selama dia berhaji, maka haji tidak wajib baginya karena adanya masyaqqah. Demikian pula, apabila ternyata jalur perjalanan adalah jalur yang rawan atau dia khawatir akan adanya perampok, adanya pajak yang teramat memberatkan, atau waktu tidak cukup untuk sampai ke Mekkah, atau dia tidak mampu menaiki berbagai alat transportasi yang ada dikarenakan sakit atau adanya bahaya, maka kewajiban haji gugur darinya dan dia wajib mencari orang untuk menggantikannya berhaji apabila dia memiliki kemampuan finansial untuk itu. Apabila dia tidak memiliki kemampuan finansial untuk itu, maka haji tidak wajib baginya. Wallahu a’lam.

Syaikh Ibnu Jibrin. (Selengkapnya: muslim.or.id)

Apakah harus menunggu uangnya cukup baru meniatkan daftar haji?

Beberapa langkah program haji muda yang bisa anda lakukan sejak dini :

  1. Niat

Tanamkan niat dalam diri anda untuk berhaji semata-mata karena Allah, ini perlu agar anda bisa fokus pada tujuan anda bukan pada hal lainnya.

  1. Tabungan Haji
Baca Juga:  Doa Melepas Keberangkatan Umroh, 3 Doa yang Muztajab

Realisasikan niat Haji anda dengan membuka tabungan Haji di usia yang masih muda melalui Bank Syariah Indonesia, jangan ditunda-tunda sebab jika ditunda maka keinginan berhaji di usia muda tentu akan tertunda pula, ingatlah bahwa usia semakin hari semakin bertambah, semakin cepat anda melakukannya maka semakin cepat pula impian berhaji itu akan anda raih.

  1. Konsisten Dalam Menabung

Konsistenlah dalam melakukannya, berapa banyak orang yang gagal dan berhenti di tengah jalan karena tidak konsisten dalam menabung dan pada akhirnya ia akan memulai dari awal kembali, anda tentu tidak ingin seperti itu bukan ?

  1. Berdoa Kepada Allah SWT

Jangan lupa untuk selalu berdoa di setiap waktu, doakan agar Allah senantiasa memberikan kemudahan kepada anda menuju Baitullah, serta diberikan rezeki yang melimpah sehingga kamu bisa berangkat bersama keluarga.

  1. Berserah Diri Kepada Allah SWT

Berserah diri, ketika anda telah mengupayakan segala hal jangan lupa untuk berserah diri kepada Allah SWT, berharap semoga saja Allah menerima apa saja yang telah kita upayakan, dan bukan tidak mungkin Allah memberikan kita lebih dari apa yang kita pinta.

program haji muda

Sebagai anak muda sudah seharusnya membuat berbagai macam perencanaan untuk masa depannya. dan salah satu yang harus direncanakan dengan baik adalah berhaji ke tanah suci. Rencana haji bisa direaliasasikan dengan memiliki tabungan haji sehingga daftar haji di usia muda bisa diwujudkan. Allah SWT sudah menjanjikan pahala 700 kali lipat atas semua usaha dan biaya yang kita keluarkan untuk kebaikan – kebaikan termasuk waktu, tenaga, materi yang kamu keluarkan untuk berhaji.

Jadi, tunggu apa lagi mulailah melangkah mewujudkan impian berhaji di usia muda melalui “Program Haji Muda” bersama PT. Tazkiyah Global Mandiri Travel haji terbaik di indonesia.

Baca Juga:  Ringkasan Dalil tentang Haji dari Al-Qur'an dan Hadist Shahih, 5 Syarat Wajib Haji

Kunjungi kami di berbagai platform media sosial (Facebook,Instagram,Youtube,dan Tiktok) atau melalui halaman website kami di www.tazkiyahtour.co.id atau hubungi kami di (0411) 425277 – 0812 4282 6679 (WA)

Anda juga bisa datang langsung ke kantor pusat kami di Jl.A.P.Pettarani Ruko Diamaond No.11, Makassar