Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id
Februari 25, 2024

Idealnya Umroh Berapa Hari Dilaksanakan? 9 Atau 12 Hari?

Umroh menjadi salah satu ibadah penting bagi umat islam. Bagi calon jamaah yang berencana umroh tentu ingin mengetahui durasi waktu umroh berapa hari dilaksanakan yang pas. Hal ini bisa jadi berkaitan dengan hari cuti kerja yang dimiliki.

Ibadah umroh biasanya membutuhkan waktu 9 sampai 12 hari namun ada juga yang tersedia umroh 14 hari, tergantung pada paket yang dipilih serta agen travelnya.

Lalu umroh berapa hari yang pas atau ideal dilaksanakan? Berikut penjelasannya.

Waktu Umroh Berapa Hari?

Pada dasarnya, kegiatan umroh hanya dilaksanakan 3 – 12 jam saja. Tidak ada waktu yang pasti terkait umroh berapa hari dilakukan yang sesuai sunnah.

Biasanya, paket umroh yang disediakan agen travel minimal 7 hari dengan pembagian waktu 3 hari di Makkah dan 3 hari di Madinah.

Jika ingin fokus beribadah di Makkah lebih lama serta mengunjungi banyak tempat bersejarah di sana, jamaah bisa memilih waktu umroh 12 hari. Apabila tidak memiliki waktu libur yang panjang, Anda bisa pilih paket umroh 9 hari.

Sebelum berangkat, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jamaah mulai dari tiket pesawat, cek kesehatan, visa, dan keperluan umroh lainnya. Persiapan ini biasanya dilakukan 2 minggu sebelum jamaah berangkat umroh.

umroh berapa hari

Kegiatan Umroh Selama 9 Hari

Umroh berapa hari yang pas? salah satu opsi yang tersedia ialah kegiatan umroh selama 9 hari yang umumnya dilakukan dengan waktu 3 hari di Madinah, dan sisanya di Makkah. Sebagian besar waktu dihabiskan di Makkah karena pusat ibadah umroh ada di Makkah.

Baca Juga:  Bacaan Lengkap 3 Niat Haji dan Umrah Sesuai Sunnah Nabi

Berikut Rincian Kegiatan Umroh 9 Hari

Berikut rincian kegiatan umroh selama 9 hari.

1. Hari pertama : Tiba di Jedah

Jamaah bertemu di titik kumpul yang sudah ditentukan. Kemudian jamaah akan diberikan perlengkapan umroh dari agen travel dan diberikan bimbingan. Setelah itu, jamaah berangkat ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat.

Setelah sampai di Jeddah, jamaah melaksanakan niat untuk umroh. Selanjutnya, jamah langsung diantar ke Hotel menggunakan bus untuk istirahat dulu dan persiapan kegiatan umroh.

2. Hari kedua : Tawaf dan Sa’i di Makkah

Di hari kedua, jamaah berangkat ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf dan Sai (berlari 7 kali antara bukit Shafa dan Marwah). Setelah itu, jamaah akan memotong sebagian rambut sebagai tanda penyucian. Jika selesai, jamaah bisa kembali ke penginapan.

3. Hari ketiga dan keempat : Beribadah di Makkah

Di hari ketiga dan keempat, jamaah tinggal di Makkah untuk fokus beribadah di Masjidil Haram. Moment ini adalah waktu yang tepat untuk para jamaah mendekatkan diri kepada Allah dengan sholat 5 waktu, berdzikir, mengaji, berdo’a, serta membaca Al – Quran.

Di hari ini, biasanya agen tour memiliki jadwal untuk berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di Makkah seperti Gua Hira serta Jabal Rahmah.

4. Hari kelima dan keenam : Berkunjung ke luar Makkah

Di hari ini, jamaah mengunjungi beberapa tempat di luar Makkah seperti Mina, Arafah, dan Muzdalifah. Tempat – tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi umat islam. Setelah itu, jamaah bisa kembali ke Makkah untuk beribadah lagi di Masjidil Haram.

5. Hari ketuju dan kedelapan : Perpisahan di Masjidil Haram

Jamaah melaksanakan ibadah di Masjidil Haram seperti sholat berjamaah dan mengaji. Selanjutnya, jamaah melakukan ibadah umroh dengan mengelilingi Ka’bah sambil memanjatkan do’a untuk perpisahan.

Baca Juga:  Daftar Haji Plus, Langsung Berangkat Haji Tanpa Antri, 4 hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Haji Plus

Jika memungkinkan, jamaah juga bisa mengunjungi tempat – tempat bersejarah lain di Makkah yang belum dikunjungi pada hari sebelumnya.

perjalanan umroh berapa hari

6. Hari kesembilan : Persiapan pulang ke Indonesia

Hari ini merupakan hari terakhir jamaah di Makkah. Sebelum pulang ke Indonesia, jamaah akan diberangkatkan ke Masjidil Haram terlebih dulu untuk Tawaf Wada (perpisahan sebagai tanda akhir dari umroh).

Setelah itu, jamaah berangkat ke bandara di Jeddah untuk pulang ke Indonesia.

Biaya Umroh 9 Hari

Biaya umroh 9 hari berkisar antara Rp. 27 juta – Rp. 36 juta. Biaya umroh ini bisa berbeda – beda, tergantung pada agen travelnya.

Rincian fasilitas yang bisa didapat antara lain tiket pesawat, visa, tour ziarah ke makkah dan madinah, transportasi bus full AC, penginapan, makan 3x sehari, dan perlengkapan umroh.

Kegiatan Umroh Selama 12 Hari

Umroh berapa hari yang ideal? salah satunya opsi yang dapat kamu pilih ialah perjalanan umroh selama 12 hari yang dibagi menjadi 3 hari di Madinah dan 9 hari di Makkah. Dengan durasi waktu yang lebih lama, tentunya akan semakin banyak aktivitas yang dapat anda lakukan.

Berikut Rincian Kegiatan Umroh 12 Hari

Berikut rincian kegiatan umroh selama 12 hari.

1. Hari pertama : Tiba di Jedah

Hari pertama, jamaah akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi menggunakan pesawat. Setelah sampai di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, kemudian jamaah diantar ke Hotel untuk beritirahat sebelum melakukan kegiatan umroh.

2. Hari kedua sampai ketiga : Ibadah umrah di Makkah

Hari kedua, jamaah berangkat ke Makkah untuk melakukan umroh. Jamaah berkunjung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Tawaf, Sa’i, dan Tahallul. Di hari ini, jamaah juga bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah seperti Jabal Rahmah dan Jabal Nur.

Baca Juga:  5 Sunnah Haji Membuat Anda Panen Pahala Jika Dikerjakan!

3. Hari keempat sampai keenam : Berkunjung ke Madinah

Selama 3 hari kedepan, jamaah mengunjungi beberapa tempat – tempat bersejarah di Madinah seperti Masjid Ijabah, Masjid Quba, Jabal Uhud, Kebun Kurma, Masjid Qiblatain, dan Masjid Khondaq.

Biasanya, tempat pertama yang dikunjungi mulai pagi hari adalah Masjid Quba. Jamaah bisa memanfaatkannya untuk melakukan sholat dhuha di sana.

4. Hari ketujuh sampai kesembilan : Fokus ibadah di Makkah

Setelah dari Madinah, jamaah kembali ke Makkah untuk melakukan umroh yang kedua. Selama 3 hari kedepan, jamaah akan fokus untuk beribadah di Makkah.

5. Hari kesepuluh sampai kesebelas : Berkunjung ke tempat sejarah di Makkah

Di hari ini, jamaah mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Kota Makkah seperti Mina, Padang Arafah,  Jabal Tsur, Jabal Nur, Muzdhalifah, dan Masjid Ji’ronah.

pergi umroh berapa hari

6. Hari keduabelas : Tawaf Wada di Makkah dan persiapan pulang

Hari terakhir di Makkah, jamaah diberangkatkan ke Masjidil Haram untuk tawaf wada (perpisahan sebagai tanda akhir umroh). Setelah itu, jamaah berangkat ke bandara untuk pulang ke Indonesia.

Biaya Umroh 12 Hari

Biaya umroh 12 hari berkisar Rp. 30 juta – Rp. 41 juta. Biaya ini bisa berbeda tergantung pada agen travel serta fasilitas yang didapatkan.

Beberapa fasilitas yang bisa didapatkan antara lain tiket pesawat, hotel di Makkah dan Madinah, visa umroh, manasik, makan 3x sehari, ziarah di Makkah dan Madinah, Bus full AC, handling bandara hotel, serta perlengkapan umroh.

Perjalanan umroh menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi para jamaah. Momen tersebut menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meningkatkan spiritualitas.

Calon jamaah yang ingin berangkat umroh, jangan lupa lakukan persiapan dengan baik. Agar ibadah umroh bisa berkah dan menjadi sumber pahala.

Bagikan :