fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

March 7, 2022

Layanan Khusus bagi Jemaah Wanita di Masjidil Haram Mekkah

Masjidil Haram Mekkah terus melakukan inovasi – inovasi untuk meningkatkan layanan bagi setiap pengunjung. Terbaru Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci (lembaga yang mengelola Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah) melalui Badan Penerjemahan Bahasa dan Wanita meluncurkan layanan khusus bagi jemaah wanita, dikutip dari arabnews.com.

Melalui badan tersebut Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan petugas wanita khusus untuk memberikan fasilitas terjemahan kepada jemaah wanita dan pelatihan atau bimbingan selama mereka beribadah di Masjidil Haram.

Mereka akan memberikan terjemahan dari kursus – kursus pendidikan dan program kesadaran bagi jemaah wanita di Masjidil Haram Mekkah.

Para petugas wanita tersebut juga akan memberikan pendidikan agama kepada jemaah wanita yang baru memeluk agama Islam dan butuh bimbingan ibadah.

Badan Penerjemahan Bahasa dan Wanita ini dibentuk dengan tujuan untuk mengelola dan memberikan pendidikan dalam berbagai bahasa untuk pengunjung wanita atau peziarah di Masjidil Haram Makkah. Mereka juga menyiapkan dan memberikan bimbingan agama serta pengenalan tata ruang.

Pada tahun 2021, badan ini telah mengadakan lebih dari 2.500 lingkaran pendidikan dalam banyak bahasa internasional, termasuk Uzbekistan, Persia, Inggris, Prancis, Urdu, dan Turki, dan menawarkan 3.597 layanan bimbingan agama dan dan pengenalan ruang – ruang untuk pengunjung wanita di Masjidil Haram.

Mereka juga menyediakan terjemahan materi pendidikan dan pamflet, dan mendistribusikan barcode dan headphone pendukung bagi jemaah untuk mendengarkan siaran langsung khotbah pada hari Jumat melalui frekuensi radio di dalam Masjidil Haram, dan menyiapkan gugus tugas untuk menjelaskan tata cara penggunaan alat tersebut.

Sepanjang tahun, badan ini telah meluncurkan beberapa inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan output layanannya, seperti inisiatif yang bertujuan untuk memperjelas konsep haji dan umrah, dan beberapa ketentuan wanita tentang haji dan umrah dalam bahasa yang berbeda.

Baca Juga:  Ingin Bersujud di Baitullah ? Mulailah Dengan Hal Ini !!!

Layanan khusus bagi jemaah wanita di Masjidil Haram Mekkah merupakan inisiatif – inisiatif terbaru dari pemerintah Arab Saudi untuk memanjakan setiap pengunjung atau jemaah di Masjidil Haram Mekkah.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa beberapa layanan terbaru telah diluncurkan di Mekkah, seperti uji coba bus angkutan umum, atau pengoperasian mobil golf untuk menangani jemaah lansia dan berkebutuhan khusus.

Seiring dengan terus menurunnya jumlah kasus covid-19, Pemerintah Arab saudi juga telah mencabut beberapa aturan protokol kesehatan seperti jaga jarak, karantina, dan menunjukkan hasil test PCR ketika memasuki Arab Saudi.

Sumber Berita : https://www.arabnews.com/node/2036786/saudi-arabia