fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

November 8, 2019

Ambil dan Minum Air Zamzam Sepuasnya di Sini , 8 Manfaat Air Zamzam

Saat berhaji atau umroh salah satu kegiatan yang paling iconic ialah minum air zamzam , selain menikmatinya langsung dari sumbernya tentu kita ingin membawa pulang ke tanah air untuk dibagi-bagikan kepada keluarga, sanak saudara, dan lainnya. Sebelumnya, apakah Anda yang membaca artikel ini, sudah pernah berhaji belum? sudah minum air zamzam langsung dari sumbernya? kalau belum admin doakan agar segera dilekaskan berangkat hajinya atau minimal umroh, mau tau rahasia cepat berangkat haji? baca ini deh, daftar haji langsung berangkat tanpa antri

Oke, Jika suatu hari Anda ke Mekah, ini salah satu titik yang layak Anda kunjungi. Misalnya sedang ada waktu senggang di Masjidilharam. Mungkin sambil menunggu waktu salat anda bisa menyempatkan diri untuk minum air zamzam .

Zamzam Sabeel namanya. Tempat penampungan air zamzam. Letaknya di belakang masjid. Beberapa jemaah Tazkiyah Global Mandiri menyempatkan diri ke sana, kemarin waktu Saudi.

Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya mengatakan: ”Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air Zamzam. Padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit.

Hasil kajian ilmiah pun menunjukkan bukti manfaat air zamzam untuk tubuh. Khasiat tersebut berasal dari kandungan nutrisinya yang lebih baik dibanding air minum biasa.

8 khasiat Minum air zamzam

1. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Seperti sabda Rasulullah, air zamzam secara ilmiah bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sebab, air zamzam meningkatkan stimulasi aquaporin (AQP).
AQP adalah lapisan air yang membentang di permukaan membran dan berperan penting untuk mengatur cairan yang ada di dalam sel.
Sebagai informasi, pada manusia terdapat sekitar 10 jenis AQP dan semuanya bisa distimulasi oleh air zam zam.

2.  Mencegah kanker

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki air zamzam dinilai bisa membantu mengatasi dan mencegah kanker. Selain itu, air zam zam juga terbukti bisa meningkatkan jumlah komponen yang dapat mencegah kanker di tubuh yaitu Bikunin, Lunasin, dan Bowman Brikinhibitor.

3. Lebih sehat

Air zamzam lebih sehat dari air biasa karena kaya lebih kaya akan mineral. Hal itu juga yang menyebabkan air zamzam memiliki rasa yang berbeda.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Air zam zam dapat mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Khasiat ini berasal dari kandungan kalsium yang tinggi pada air zamzam.
Selain itu, kandungan fluoride pada air zamzam dapat mencegah gigi berlubang. Fluoride adalah mineral yang berguna untuk menjaga keutuhan permukaan gigi.
Karena kalsium yang terdapat pada air zamzam sangat berlimpah. Air tersebut secara positif dapat memengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi.

5. Regenerasi kulit

Untuk kesehatan kulit, air zamzam bisa membantu pergantian sel-sel kulit mati yang diubah dengan sel kulit baru. Perubahan sel kulit mati ini membuat kulit lebih cerah.

 

6. Dapat menghilangkan kemunafikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, air zamzam juga memiliki keutamaan menghilangkan penyakit hati, yaitu munafik.
Rasullah bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan” (HR Ibnu Abbas).

7. Mengampuni dosa-dosa

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mengelilingi kaabah sebanyak tujuh kali, sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zam – zam, niscaya akan diampuni semua dosanya” (HR. Al-Wahidi).

8. Sebagian dari ibadah

Rasulullah SAW, bersabda “Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satu keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit” (HR al Fakihi).

 

9. Membedakan dengan orang munafik

Rasulullah SAW bersabda, “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam – zam sampai puas “(HR. Ibnu Majah).

10. Mewujudkan yang diniatkan

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan” (H.R Ibnu Majah).


Adab Minum Air Zamzam

Agar mendapatkan khasiatnya, perlu dipahami adab saat meminumnya. Berikut adab saat meminum air zamzam.

  1. Membaca basmalah
  2. Menggunakan tangan kanan
  3. Hindari minum sekali teguk
  4. Minum hingga kenyang
  5. Minum dengan posisi duduk
  6. Banyak membaca doa

 

minum air zamzam
Doa Minum Air Zamzam

“Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.”

Artinya: ”Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.”

sumber: m.medcom.id

Di zamzam sabeel, jemaah bisa minum air zamzam sepuasnya. Area pria dan wanita dipisahkan. Akan tetapi, pintu masuknya tetap sama.

Untuk menuju Zamzam Sabeel ini, Anda bisa melalui pintu Sofa maupun pintu Ali.

Jika sedang umrah, memang bukan hal sulit menikmati air istimewa itu. Hampir di semua bagian masjid, ada galon yang sudah dilengkapi gelas sekali pakai.

Namun di Zamzam Sabeel, Anda bisa lebih puas lagi. Bahkan ada jemaah yang membawa jeriken.

Waduk Sabeel adalah satu dari dua waduk andalan menampung air zamzam. Bahkan khusus untuk air zamzam yang dijual,
ada perusahaan air nasional Arab Saudi yang mengelola. Namanya NWC. Mengoperatori produksi dan pengemasan air zamzam.

Air zamzam yang dihasilkan oleh perusahaan proyek air minum Raja Abdullah bin Abdulaziz itu mengoperasikan mesin yang mampu memproduksi 200 ribu drum sehari. Pabrik air ini mampu menampung 1,8 juta drum. (fit-sur)

Leave a Reply