fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

October 1, 2021

5 Rekomendasi Baju Perempuan dan Pakaian Saat Umroh

Bingung mau bawah yang mana?  Untuk baju perempuan , yang model kayak gimana dan bahan apa saja sih yang cocok saat beribadah umroh? Berikut 5 rekomendasi baju perempuan dan tips memilih pakaian saat umroh .

Ibadah umroh merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Ibadah sunnah ini sering dipilih oleh umat muslim sebagai obat rindu terhadap tanah suci. Namun, sebelum berangkat umroh tentu kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Selain perlengkapan penting saat umroh, sebaiknya kita juga mesti mempersiapkan pakaian yang nyaman digunakan untuk ibadah.

Dengan menggunakan pakaian yang tepat tentu akan membuat ibadah menjadi lebih nyaman. Mengingat ibadah umroh adalah puncak ibadah. Maka Anda perlu mempersiapkan semuanya secara matang. Sehingga ibadah umroh akan terlaksana dengan khusyuk.

Salah satu aturan dasar umroh adalah penampilan yang sangat sederhana dan tidak terkesan berlebihan. Contohnya saat di Masjidil Haram, jamaah perempuan dilarang menggunakan make up.

Sedangkan untuk pakaian, Anda dituntut memilih baju yang sesuai syariat Islam. Namun, Anda juga perlu mengutamakan kenyamanan juga ya. Supaya dapat mendukung proses ibadah menjadi lebih baik.

Rekomendasi Pakaian Saat Umroh

baju perempuan & pakaian saat umroh

Tips Menggunakan Pakaian Saat Umroh

  1. Gunakan Pakaian Dengan Warna Netral

Hindari menggunakan pakaian dengan warna yang mencolok. Sebab, tujuan utama kita melakukan ibadah umroh adalah untuk meningkatkan keimanan kita. Nah, supaya penampilan Anda tidak terkesan mencolok, Anda bisa menggunakan pakaian yang berwarna netral, seperti hitam, putih, abu-abu, dan lainnya.

Selain warna, Anda juga perlu memilih baju yang terlalu mewah. Pilihlah baju dengan model atau desain yang sederhana. Sehingga Anda tidak akan mengundang perhatian orang-orang sekitar.

  1. Gunakan Hijab yang Simple Tanpa Jarum

Untuk jamaah perempuan disarankan untuk menggunakan hijab yang instan dan simple yang tidak memerlukan jarum. Pilihlah hijab yang memiliki bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Sehingga pelaksanaan ibadah umroh Anda akan tetap nyaman tanpa takut gerah.

  1. Pilih Bahan Pakaian Spandex atau Jersey

Agar pakaian yang Anda gunakan tidak cepat kusut dan kotor. Anda bisa menggunakan baju dengan bahan spandex atau jersey. Bahan tersebut akan membuat Anda menjadi nyaman mesti banyak bergerak dan berdesakan.

Baca Juga:  5 Amalan Ibadah Haji yang Wajib Anda Ketahui

Bahan spandex dianggap lebih mudah menyerap keringat dan membuat badan tetap sejuk. Anda bisa menggunakan pakaian abaya atau kaftan yang longgar. Kemudian hindari menggunakan aksesoris yang berlebihan, agar penampilan Anda tidak menarik perhatian banyak orang.

Kemudian, Anda juga perlu menghindari baju-baju yang berbahan knitted atau rajut. Bahan tersebut mempunyai sifat yang menghangatkan. Sehingga tidak cocok digunakan saat ibadah umroh. Mengingat Mekkah adalah salah satu tempat yang memiliki suhu udara panas.

Rekomendasi Pakaian Saat Umroh, Apa-apa saja Saran Baju Perempuan yang Nyaman saat beribadah umroh?

 

baju perempuan
Instagram.com/ @htcengel

Tips Memilih Pakaian Saat Umroh dari Dian Pelangi

Dikutip dari wolipop.detik.com , Menurut desainer busana muslim sukses Dian Pelangi, umrah bertujuan untuk memperbaiki diri dan meningkatkan amal ibadah Anda. Oleh sebab itu, ia menyarankan tidak memikirkan padu padan busana untuk umrah agar ibadah lebih maksimal.

“Jangan pikirin bajunya mau mix and match kayak apa. Mungkin kalau di Indonesia bisa matching-in kerudungnya terserah mau warna-warni tapi kalau umrah nggak perlu menghabiskan waktu buat mikirin itu. Cukup bawa baju hitam atau putih saja, dan kerudung instan. Tidak usah terlalu banyak coba berbagai gaya karena saat ihram kita pakai putih atau hitam saja,” jelas Dian saat dihubungi Wolipop pada awal Desember kemarin.

Wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu juga mengingatkan agar memilih busana dengan material spandex atau jersey supaya tidak mudah kotor dan kusut saat beribadah. Pakai busana ternyaman selama umrah begitu pula pilihan kerudungnya.

Hindari menggunakan jarum terlalu banyak yang akan merepotkan Anda saat beribadah. Dian pun menyarankan untuk menggunakan jilbab instan dengan material katun atau spandex yang mudah diaplikasikan dan tidak cepat berkeringat.

“Apalagi kalau umrah Maret sampai Agustus mendingan cari aman saja. Jangan sampai penampilan kita nggak nyaman. Tapi jangan juga diartikan berarti kalau ketemu Allah biasa saja pakaiannya sedangkan ke pesta glamour. Tujuannya biar ibadahnya khusyuk,” tambah wanita berdarah Palembang itu.

Baca Juga:  Pentingnya Memiliki Tabungan Haji, 4 Cara Menabung Haji

Tidak lupa diingatkan Dian untuk menggunakan syal pendek dengan warna mencolok baik di leher maupun pergelangan tangan agar mudah dikenali saat pergi bersama keluarga. Ketika Anda salat berpisah dengan suami atau keluarga pria, syal akan memudahkan Anda untuk saling menemukan di tengah ribuan orang yang sedang umrah. Syal digunakan hanya sebagai penanda saja bukan pelengkap penampilan.

Intinya busana yang simpel dan tidak menarik perhatian akan lebih nyaman digunakan selama umrah. Hal tersebut juga diakui oleh aktris cantik yang kini sudah berhijab, Soraya Larasati. Wanita 29 tahun itu mengatakan umrah bertujuan meningkatkan keimanannya. Maka dari itu ia memilih busana yang simpel dan tidak merepotkan. Bahkan menurutnya satu busana bisa dipakai hingga tiga kali ganti.

“Baju nggak perlu banyak-banyak karena di sana keringetan tapi kering nggak lembab. Ternyata satu baju juga bisa tiga kalai pakai. Warnanya putih dan hitam saja jadi nggak repot pas di sana,” ujar Soraya saat berbincang dengan Wolipop beberapa hari lalu.  (selengkapnya: wolipop.detik.com)

  1. Ruffle Dress

Rekomendasi baju perempuan yang pertama adalah ruffle dress. Aksen pada jenis dress yang satu ini mungkin sudah familiar di kalangan para wanita. Desain pakaian dengan lipatan bertumpuk dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih elegan. Jika Anda mahir memadupadankan busana dengan aksen ruffle, maka akan sangat menarik untuk digunakan saat umroh.

  1. Bolero Dress

Baju perempuan yang kedua adalah bolero dress. Bolero adalah dress panjang seperti jaket yang cocok namun cenderung ketat saat digunakan. Umumnya bolero mempunyai ukuran setengah dada pada bagian depan. Nah, baju yang satu ini dapat Anda padukan dengan cardigan. Sehingga akan memberikan penampilan yang serasi dan menarik.

  1. Vertical Pattern

Berikutnya adalah jenis Vertical Pattern, dress yang satu ini mungkin sudah menjamur di pasar fashion muslim. Sehingga Anda akan lebih mudah memilih model, jenis, warna hingga motifnya. Untuk memperoleh gamis atau dress yang bagus, Anda juga perlu memperhatikan bahan serta motifnya. Bahan gamis yang sangat direkomendasikan adalah gamis dengan bahan katun. Sebab, bahan tersebut lebih nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat.

Baca Juga:  Jangan Menunggu Tua! Ini 5 Manfaat Naik Haji Usia Muda

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan motifnya saat memilih gamis. Pilihlah gamis dengan motif sederhana namun tetap enak dilihat dan juga mudah menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar saat digunakan untuk umroh, Anda akan tetap nyaman memakainya.

  1. Balloon Sleeve

Lengan balon adalah model lengan yang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih elegan. Nah, apabila Anda ingin ( baju jamaah perempuan ) terlihat lebih feminim ketika ibadah umroh, maka baju dengan lengan balon ini bisa menjadi salah satu alternatif.

Model atasan dengan lengan balon sudah menjadi pilihan para hijabers. Sebab model baju tersebut memberikan kesan edgy. Terlebih jika Anda memadupadankan atasan tersebut dengan dress dengan aksen ruffles. Tentu akan lebih cantik. Selain itu, Anda juga perlu memilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tetap nyaman saat digunakan di tempat dengan suhu panas.

  1. Flare Maxi Dress

Terakhir rekomendasi baju perempuan saat umroh adalah Flare Maxi Dress, Ini adalah salah satu busana muslim wanita yang kerap digunakan muslimah di berbagai cara. Baik itu formal maupun informal. Terlebih saat musim panas, dress ini sangat cocok digunakan untuk para muslimah agar tetap merasa sejuk dan nyaman. Kini dress model ini sudah tersedia dalam berbagai variasi dan motif. Jadi, tak hanya bisa Anda gunakan di acara formal saja, tapi juga bisa digunakan saat jalan-jalan atau ibadah umroh.

Variasi model dress ini dapat membuat penampilan menjadi lebih casual. Namun banyaknya variasi yang tersedia, membuat Anda harus jeli saat ingin memilihnya. Supaya penampilan Anda tidak terkesan aneh, maka sesuaikanlah dengan bahan, model, serta warna yang cocok untuk Anda.

Umumnya, maxi dress mempunyai panjang yang hampir menyentuh mata kaki. Jadi akan sangat cocok jika Anda gunakan untuk melaksanakan ibadah umroh. Agar lebih terlihat casual, Anda bisa memadukannya dengan strapped sandal yang memiliki warna senada.

Itulah beberapa rekomendasi baju yang cocok untuk umroh bagi jamaah perempuan. Semoga membantu.

 

Bagikan :