fbpx
Hi, How Can We Help You?

Blog

September 3, 2020

Pariwisata Turki Paling Bersinar di Tengah Pandemi, Ternyata Ini Rahasianya

ANKARA – Jika diminta mengurutkan lima besar negara yang pariwisatanya bangkit kembali setelah didera pandemi Covid-19, Turki pasti masuk. Atau mungkin berada di peringkat pertama.

Data menunjukkan, sudah ada 5,5 juta turis yang masuk ke negeri Eurasia itu selama wabah corona. Angka yang terbilang fantastis jika melihat kekhawatiran dunia masih cukup tinggi.

Lantas, apa rahasianya? Salah satunya adalah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki dengan cepat menggunakan strategi sertifikasi kesehatan di tempat-tempat wisata. Standar protokol kesehatannya begitu tinggi sehingga mampu meyakinkan wisatawan.

“Kami memutuskan untuk lebih meningkatkan Program Sertifikasi Pariwisata Aman dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan. Kami ingin program ini menjadi permanen bahkan dalam periode pascapandemi sambil meningkatkan kriterianya,” ujar Mehmet Nuri Ersoy, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki.

Sudah ada 4.900 fasilitas yang disertifikasi oleh pemerintah. Sertifikasi ini mencakup transportasi, akomodasi, hingga kondisi kesehatan karyawan perhotelan dan juga wisatawan.

“Turki mungkin akan menampung lebih dari 15 juta turis pada akhir tahun 2020 selama lalu lintas udara tidak terganggu oleh komplikasi pandemi lebih lanjut,” prediksinya.

Nah, kota yang paling banyak dikunjungi adalah Istanbul. Sudah 2,7 juta wisatawan yang ke sana. Istanbul memang merupakan daya tarik utama yang konsisten di Turki. Destinasinya lengkap, terutama soal sejarah dan budaya. Kota tua bekas pusat peradaban Asia maupun Eropa, mulai dari Timur Tengah, Romawi timur, sampai Otoman. Kebesaran Istanbul di masa lalu membuatnya dikenal sebagai Kota Segala Kota.

Jangan lupa, Hagia Sophia yang fenomenal setelah kembali dijadikan masjid itu, berada di Istanbul. Sungguh magnet berkekuatan besar.

Selain Hagia Sophia, apa saja di Istanbul?

Bosphorus Cruise Istanbul

Bosphorus merupakan selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Turki bagian Asia. Selat ini juga yang menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Ingin berada di dua benua sekaligus dalam hitungan menit? Bosphorus Cruise solusinya. Kapal yang akan membuat Anda bak raja.

Topkapi Palace

Istana Topkapi dengan Sayap Harem-nya dajulu adalah kediaman para sultan Ottoman antara abad ke-15 dan ke-19. Topkapi sangat besar dan berisi 4 halaman utama dengan taman-taman indah, dapur besar, masjid, rumah sakit, banyak paviliun, dan Harem. Harem adalah bagian yang paling indah dari seluruh bagian Istana.

Basilica Cistern

Situs bawah tanah dengan 140 meter dengan lebar 70 meter. Basilica memiliki total 336 pilar yang tingginya masing-masing sembilan meter. Ada spot menarik yakni tiang yang di bagian alasnya terdapat pahatan yang membentuk kepala Medusa. Satu spot lainnya yang kerap difoto para pengunjung Pilar Menangis atau Crying Pillars. Pilar ini konon dibangun untuk mengenang pekerja yang tewas saat proses pembangunan situs tempat wisata di Istanbul ini.

Istanbul Archaeology Museum

Museum Arkeologi Istanbul berisi koleksi benda-benda prasejarah, Yunani, Romawi, dan Bizantium yang disajikan dengan indah. Semua koleksi itu berasal dari koleksi Istana Topkapi.

Museum of Turkish and Islamic Arts

Di sini Anda bisa belajar sejarah Turki dari abad ke-8 hingga abad ke-19. Museum Seni Islam dan Turki terletak di bangunan yang dulunya merupakan istana Ibrahim Pasa.

Masjid Raya Sulaimaniah

Menaranya ramping, kubahnya besar. Masjid Raya Sulaimaniah adalah sebuah masjid peninggalan kekaisaran Ottoman yang terletak di Bukit Ketiga Istanbul, Turki.

Galata Tower

Untuk naik ke menara tempat wisata di Istanbul dengan ketinggian 67 meter ini disediakan lift dan tangga. Sejarah mencatat Galata Tower sudah berdiri sejak lama. Sekitar abad ke-5, saat Bizantium membangun menara kayu di lokasi Menara Galata.

Galata Bridge

Tempat yang tepat untuk mengenang kembali masa kejayaan kekhalifahan Utsmani. Galata Bridge adalah satu dari beberapa jembatan yang melintasi teluk Golden Horn. Penghubung kota tua dan kota modern Istanbul.

Dan masih banyak lagi destinasi menarik di Istanbul. Rasanya sudah tiba waktunya kita ke sana. Setelah bulan-bulan yang meremukkan perasaan.

Caranya? Semua teknisnya ada dalam satu kali klik. Di sini:

https://bit.ly/2YHcdP9

Tetapi harus agak cepat. Sebentar lagi harga naik. (tmt)

Bagikan :