Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Mei 20, 2024

Panduan Lengkap Tahallul untuk Jamaah Haji & Umroh 2024

Tahallul merupakan salah satu rukun penting dalam ibadah haji dan umroh yang memiliki makna mendalam dalam Islam. Ibadah haji dan umroh tidak hanya sekedar ritual fisik, tetapi juga simbol spiritual yang membawa umat Islam lebih dekat kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai tahalul, mulai dari pengertian, makna, macam-macam, hukum, tata cara, hingga doa yang dianjurkan saat melaksanakan tahallul.

Apa Itu Tahallul

Tahalul berasal dari kata “halal” yang berarti diperbolehkan. Dalam konteks ibadah haji dan umroh, tahalul berarti diperbolehkannya kembali bagi jamaah untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang selama berihram.

Ihram adalah keadaan suci yang harus dijaga selama pelaksanaan haji dan umroh, yang melarang beberapa aktivitas seperti mencukur rambut, memotong kuku, dan hubungan suami istri.

Tahalul menandakan berakhirnya masa ihram dan kembalinya jamaah ke keadaan normal. Secara harfiah, tahalul berarti “menghalalkan” sesuatu yang sebelumnya diharamkan selama berada dalam kondisi ihram.

Ini merupakan tanda bahwa jamaah telah menyelesaikan rangkaian utama dari ibadah haji atau umroh dan sekarang diizinkan untuk kembali menjalankan aktivitas sehari-hari yang normal.

Makna Tahallul dalam Ibadah Haji dan Umroh

Makna tahalul dalam ibadah haji dan umroh sangatlah penting. Tahallul menandakan berakhirnya masa ihram dan kembalinya jamaah ke keadaan normal.

tahallul
Source Image: Suara.com

Secara spiritual, tahalul mencerminkan transformasi dari kondisi penuh pengorbanan dan pengekangan diri menuju keadaan yang lebih bebas dan suci setelah menunaikan serangkaian ritual ibadah.

Baca Juga:  5 Tempat Ziarah di Madinah yang Wajib Dikunjungi

Tahalul juga melambangkan kesucian dan kebersihan setelah melaksanakan ibadah yang penuh dengan pengorbanan.

Melalui tahalul, seorang muslim menunjukkan ketaatannya kepada Allah SWT dengan menjalankan semua perintah dan menjauhi semua larangan selama masa ihram.

Setelah menyelesaikan tahalul, jamaah merasakan kebebasan spiritual dan fisik yang memberikan kebahagiaan dan kepuasan batin.

Macam-macam Tahallul

Tahallul Umr0h

Tahalul dalam umroh biasanya dilakukan setelah jamaah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah umroh, yaitu thawaf, sa’i, dan mencukur rambut atau memotong sebagian rambut (tahalul).

Setelah melakukan tahalul, jamaah diperbolehkan melakukan aktivitas yang sebelumnya dilarang selama berihram.

Pada umumnya, tahalul dalam umroh dilakukan dengan mencukur habis rambut (bagi pria) atau memotong sebagian rambut (bagi wanita).

Proses ini menandakan berakhirnya ibadah umroh dan kembalinya jamaah ke keadaan normal. Adapun langkah-langkah tahalul dalam umroh adalah sebagai berikut:

  1. Menyelesaikan Thawaf: Mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dengan niat ibadah.
  2. Melakukan Sa’i: Berjalan atau berlari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali.
  3. Mencukur atau Memotong Rambut: Pria disunnahkan mencukur habis rambut, sedangkan wanita cukup memotong sebagian rambut.

Tahallul Haji

tahallul awal adalah
Source Image: Darunnajah.com

Dalam ibadah haji, tahalul dibagi menjadi dua jenis:

Tahallul Ashghar

Tahalul ashghar dilakukan setelah jamaah menyelesaikan dua dari tiga amalan berikut: melontar jumrah aqabah, menyembelih hewan kurban, dan mencukur rambut atau memotong sebagian rambut. Setelah tahalul ashghar, sebagian larangan ihram diangkat, kecuali hubungan suami istri.

Tahallul Tsani

Tahalul tsani dilakukan setelah menyelesaikan seluruh rangkaian amalan haji, termasuk thawaf ifadah dan sa’i. Setelah tahalul tsani, semua larangan ihram diangkat, dan jamaah bisa kembali melakukan semua aktivitas yang sebelumnya dilarang selama ihram.

Pada tahap ini, jamaah haji telah menyelesaikan seluruh ritual utama haji dan diperbolehkan kembali menjalankan kehidupan normal tanpa batasan ihram.

Baca Juga:  5 Strategi Dakwah Rasulullah di Kota Madinah

Tahalul tsani merupakan penanda bahwa jamaah telah menyelesaikan seluruh kewajiban haji secara sempurna.

Hukum Tahallul Bagi Jamaah Haji dan Umroh

Hukum tahalul dalam haji dan umroh adalah wajib. Tanpa melakukan tahalul, ibadah haji dan umroh tidak dianggap sempurna. Tahalul merupakan bagian dari rukun yang harus dipenuhi agar ibadah tersebut sah dan diterima oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, setiap jamaah harus memahami pentingnya tahallul dan mengikuti tata cara yang benar.

Tidak melakukan tahallul berarti jamaah masih berada dalam keadaan ihram, yang mengandung berbagai larangan. Karena itu, tahalul sangat penting untuk mengakhiri periode ihram secara resmi dan kembali ke kehidupan normal.

Para ulama sepakat bahwa tahalul adalah bagian integral dari ibadah haji dan umroh yang harus dilaksanakan dengan benar.

Tata Cara Tahallul

Tata cara tahalul berbeda antara haji dan umroh, namun prinsip dasarnya sama, yaitu mencukur rambut atau memotong sebagian rambut. Berikut adalah langkah-langkah tahallul dalam haji dan umroh:

  1. Menyelesaikan Semua Rangkaian Ibadah: Pastikan semua rangkaian ibadah telah selesai dilakukan. Dalam umroh, ini berarti thawaf dan sa’i. Dalam haji, ini termasuk melontar jumrah, menyembelih hewan kurban, dan thawaf ifadah serta sa’i.
  2. Mencukur Rambut atau Memotong Sebagian Rambut: Pria disunnahkan mencukur habis rambutnya (halq), namun diperbolehkan juga memotong sebagian rambut (taqsir). Wanita cukup memotong sebagian rambutnya seukuran ujung jari. Mencukur rambut atau memotong sebagian rambut adalah simbol dari pembersihan dan penyucian diri setelah melaksanakan ibadah.
  3. Berniat untuk Tahallul: Berniat dalam hati untuk melakukan tahallul sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Niat ini penting karena menunjukkan kesadaran dan kesungguhan dalam melaksanakan perintah Allah.
  4. Melakukan Doa Tahallul: Berdoa sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Doa ini mencerminkan permohonan seorang hamba untuk mendapatkan rahmat dan ampunan Allah setelah melaksanakan serangkaian ibadah yang berat dan penuh makna.
Baca Juga:  Survive di Tengah Pandemi, Tazkiyah Tour Kembali Raih SNI Award

Doa Tahallul

tahallul bagi perempuan

Berdoa saat tahallul sangat dianjurkan. Doa tahalul yang bisa dibaca adalah:

اللّهُـمَّ اجْعَلْهُ لِي شَعَراً طَيِّباً يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَحْفِظْهُ مِنْ كُلِّ شَرٍّ، وَكُلِّ مَكْرُوهٍ

(Ya Allah, jadikanlah rambut ini baik bagiku di hari kiamat dan lindungilah dari segala keburukan dan hal yang tidak disukai).

Tahalul adalah bagian penting dari ibadah haji dan umrah yang memiliki makna mendalam. Dengan memahami dan melaksanakan tahallul sesuai tuntunan, jamaah akan menyempurnakan ibadahnya dan mendapatkan ridha Allah.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para jamaah yang akan melaksanakan haji dan umrah, sehingga dapat menjalankan tahalul dengan benar dan khusyuk.

Bagikan :